Hyundai Grand i10 (Generasi ke-2)
Chennai, KompasOtomotif – Karena masih nomor 2 di bawah Maruti Suzuki - di India - Hyundai melakukan manuver di segmen gemuk. Kemarin, (5/9/2013), di Chennai, produsen asal Korea Selatan itu meluncurkan Grand i10 untuk bertarung di kelas city car agar bisa menjadi nomor 1.
Generasi kedua Hundai i10 ini akan dipajang di Frankfurt Motor Show
yang dimulai minggu depan. Penampilannya, kini lebih agresif, mengalir,
mengikuti filosofi mobil-mobil Hyundai masa kini, yakni fluidic sculpture. Si imut ini semakin cantik, sekaligus agresif dengan lampu utama yang mengecil dipadu kisi-kisi udara besar.
Desain moderen itu mengalir sampai ke belakang, dengan lampu stop
lebih besar berdesain futuristik. Logo di pintu belakang mirip dengan
i20, bulat cukup besar. Jarak sumbu roda bertambah 10cm dari model lama,
menjanjikan ruang lebih lega.
Interior paduan beige-hitam, didukung dasbor semakin
modern. Setir dilengkapi banyak tombol untuk memutar musik atau mencari
informasi melalui MID, termasuk menjawab dan mematikan telepon.
Dikatakan, kualitas bahannya sama dengan i20.
Selain lebih luas, ruang di atas kepala makin lega.Kenyamanan
diperoleh pula melalui lubang AC untuk penumpang belakang. Memori pada
audio mampu menyimpan ribuan nomor telepon dan musik karenan
berkapasitas 1GB. Juga dilengkapi ditambahkan colokan untuk mengisi
ulang baterai ponsel atau laptop.
Mesin
Mesin, dua pilihan dan yang diunggulkan adalah 1.100cc U2 CRDi (diesel) generasi kedua yang disandingkan dengan transmisi manual 5-percepatan. Tenaga yang dihasilkan mesin ini 71 PS @4.000 rpm dan torsi 163Nm @1.500-2.750rpm. Diklaim, konsumsi bahan bakar mencapai 24 km/ liter, sekaligus memenuhi standar EURO5.
Mesin, dua pilihan dan yang diunggulkan adalah 1.100cc U2 CRDi (diesel) generasi kedua yang disandingkan dengan transmisi manual 5-percepatan. Tenaga yang dihasilkan mesin ini 71 PS @4.000 rpm dan torsi 163Nm @1.500-2.750rpm. Diklaim, konsumsi bahan bakar mencapai 24 km/ liter, sekaligus memenuhi standar EURO5.
Sumber tenaga lain, bensin Kappa dual VTVT 1.200cc dengan
transmisi 5-percepatan manual atau 4-percepatan otomatik. Tenaga yang
dihasilkan 83 PS @6.000 rpm dan torsi 116Nm @4.000 rpm.
Untuk keselamatan, selain ABS, juga ditambahkan dua kantung udara (opstional untuk beberapa tipe). Semua varian sudah dilengkapi sensor parkir dan setir yang bisa dinaik-turunkan.
Untuk keselamatan, selain ABS, juga ditambahkan dua kantung udara (opstional untuk beberapa tipe). Semua varian sudah dilengkapi sensor parkir dan setir yang bisa dinaik-turunkan.
Hyundai India membaginya empat tipe, Era, Magna, Sportz dan Asta.
Sedangkan harga dipatok, mulai 437.000 rupee hingga 653.000 rupee (Rp
73,5 juta hingga Rp 110 juta) bergantung tipe mesin dan tipe mobil.
Komentar
Posting Komentar